Tips Mengatasi Mata Perih di Depan Komputer

Bagi kalian yang banyak bekerja di depan komputer pasti pernah mengalami hal-hal seperti mata perih, kering, disertai dengan rasa pusing dan pegal di pundak. Hal ini sudah biasa jika anda terlalu lama bekerja di depan komputer, namun jangan anggap remeh gejala-gejala tersebut karena jika berlangsung secara terus menerus akan berimbas pada kesehatan kita, khususnya kesehatan mata. Nah, sekarang saya akan mencoba memberikan tips untuk mengatasi mata perih jika kita terlalu lama bekerja di depan komputer, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Jaga jarak pandang dari monitor

    Idealnya, jarak pandang dari mata ke monitor itu sekitar 20-40 inchi (50-100cm). Lalu jika kita mengalami kesulitan membaca pada jarak yang dianjurkan, kita bisa membesarkan font pada lembar pekerjaan anda sampai anda merasa nyaman dan bisa untuk membaca/mengetik
  2. Atur Monitor Setting

    Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut. Misal settingan seperti, ‘text’ atau ‘internet’ akan terasa lebih sejuk di mata, saat kita gunakan untuk mengetik ataupun browsing. Setingan ‘game’ atau ‘movie’ akan terlihat lebih terang saat digunakan.
  3. Istirahat Jika mata sudah merasa lelah

    Cobalah mengistirahatkan mata secara nerkala setiap 15-30 menit setiap anda beraktifitas di depan komputer. Gunakan waktu istirahat anda untuk merefresh mata dengan cara senam mata.



     
Sekian saja tips yang dapa saya rangkum, semoga berguna bagi anda semua, terimakasih.. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel