Cara Mengubah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Menjadi Sebuah Buku

Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia di Kelas IX SMP Negeri Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018
Judul Buku: Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Sejarah
1. Bab I (Pendahuluan) buang masalah, manfaat, definisi operasional. 
a. Tambahkan bagian kesenjangan (berisi rendahnya hasil belajar, motivasi, minat belajar, dsb.) ganti dengan kondisi memprihatinkan yang terkait pembelajaran materi/ mapel yang kita PTK-kan. Jadi, tidak lagi hanya terbatas pada kondisi kelas kita).
b. Pernyataan “Berdasarkan latar belakang di atas, penulis menetapkan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dst DIUBAH menjadi “buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang berjudul .....”

2. Bab II adalah subbab 2.1 (kajian teori yang pertama). Tambahi teorinya biar lbh kuat.  
3. Bab III adalah subbab 2.2 Tambahi teorinya biar lbh kuat. 

4. Bab IV adalah subbab 2.3 (sesuaikan dengan jumlah kajian teori pada bab II.Tambahi teorinya biar lbh kuat. 

5. Bab V (Diangkat dari bab Hasil Penelitian dan Pembahasan). Contoh: Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Sejarah
Di bagian awal beri pengantar. Misal:
Uraian pada bab ini diangkat dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di ... pada ... 

Data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah ... yang dikumpulkan dengan instrumen ... Data dianalisis dengan .... 

Lalu subbab berikutnya mengikuti subbab pada bab Hasil Penelitian dan pembahasan. 

SELESAI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel