Awas, Ginjal Sakit ternyata Bisa menyebabkan Pikun

Masing-masing organ dalam tubuh manusia saling terkait dan berpengaruh satu sama lain, misalnya ginjal. Kondisi ginjal ternyata juga berkaitan dengan fungsi otak, sehingga jika terjadi masalah pada ginjal, otak dapat merasakan efeknya.

"Otak dan ginjal merupakan organ yang dipengaruhi oleh sistem kardiovaskular, sehingga kondisi kesehatan kedua organ tersebut saling berpengaruh satu sama lain" kata Adam Davey, profesor kesehatan masyarakat di Temple’s College of Health Professions and Social Work, yang memimpin penelitian.

Para peneliti dari berbagai universitas di Amerika memeriksa kembali data kesehatan dari studi terpisah yang dilakukan terhadap 590 orang selama 5 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin besar penurunan fungsi ginjal seseorang, semakin besar pula penurunan fungsi kognitifnya, yang secara khusus mengalami kemunduran penalaran dan daya ingat.

"Baik ginjal maupun otak sama-sama dipengaruhi oleh tekanan darah dan hipertensi, sehingga wajar jika perubahan pada satu organ akan dihubungkan dengan perubahan organ yang lain. Studi ini cukup memberikan bukti bahwa tingkat penurunan kognitif berhubungan dengan penurunan fungsi ginjal," tambah Davey, seperti dilansir Health.India, Selasa (20/11/2012).

Informasi ini menunjukkan pentingnya mendiagnosa penyakit ginjal lebih dini dan segera mengobatinya sebelum berkembang menjadi kronis hingga menyebabkan penurunan fungsi kognitif. Ketika fungsi kognitif seseorang terganggu, dirinya akan kehilangan kecerdasan dan penurunan daya ingat hingga mungkin dapat pikun di usia muda.

Fungsi ginjal memang semakin mengalami penurunan fungsi seiring berkembangnya usia, sehingga Anda perlu menjaga kesehatan ginjal agar fungsi otak juga terpelihara dengan baik. Waspadai faktor penyebab gagal ginjal seperti hipertensi.

Ubahlah diet Anda agar tidak menyakiti ginjal seperti menghindari makanan olahan dan makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Sebaliknya pilih makanan yang rendah kalium seperti apel, kubis, buncis, anggur dan stroberi. Dengan menjaga ginjal tetap sehat, Anda juga dapat menjaga kesehatan otak.



Sumber : detikHealth

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel