Jenis-Jenis Puisi ditinjau dari Bentuk dan Isinya

  1. Puisi Epik, yakni suatu puisi yang didalamnya mengandung cerita kepahlawanan, baik kepahlawanan    yang berhubungan dengan legenda, kepercayaan, maupun sejarah. Puisi epik dibedakan menjadi dua, diantaranya adalah folk epic, yakni bila nilai akhir puisi itu untuk dinyanyikan, dan literary epic, yakni bila nilai akhir puisi itu untuk dibaca, dipahami, dan diresapi maknanya.
  2.  Puisi Naratif, yakni puisi yang didalamnya mengandung suatu cerita, dengan pelaku, perwatakan, setting, maupun rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita.
  3. Puisi Lirik, yakni puisi yang berisi luapan batin individu penyairnya dengan segala macam endapan pengalaman, sikap, maupun suasana batin yang melingkupinya.
  4. Puisi dramatik, yakni salah satu jenis puisi yang secara objektif menggambarkan perilaku seseorang, baik lewat perilaku, dialog, maupun monolog sehingga mengandung suatu gambaran kisah tertentu.
  5. Puisi Didaklik, yakni puisi yang mengandung nilai-nilai kependidikan yang umumnya tertampil eksplisit.
  6. Puisi Satirik, yaitu puisi yang mengandung sindiran atau kritikan tentang kepincangan atau ketidakberesan kehidupan suatu kelompok maupun masyarakat.
  7. Romance, yani puisi yang berisi luapan rasa cinta seseorang terhadap kekasihnya.
  8. Elegi, yakni puisi ratapan yang mengungkapkan rasa pedih seseorang.
  9. Ode, yaitu puisi yang berisi pujian terhadap sesorang yang memiliki jasa ataupun sikap kepahlawanan.
  10. Himne, yaitu puisi yang berisi pujian terhadap Tuhan maupun ungkapan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel