Tips Perjalanan Saat Liburan

perjalanan panjang. Sama seperti halnya persiapan bepergian jauh bersama keluarga, saat kembali pun kondisi kendaraan harus diupayakan tetap optimal.
Persiapan yang sempurna tentunya akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Berikut ini, beberapa hal yang harus diperhatikan saat menempuh perjalanan jauh, khususnya saat menikmati libur:
Periksakan kendaraan Anda di bengkel kepercayaan untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan. Disarankan untuk memanfaatkan program masa Liburan yang digelar oleh bengkel-bengkel, karena akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Setelah kondisi mobil prima, berikutnya adalah menjaga stamina dan kondisi tubuh para penumpangnya. Tidak hanya pengemudi saja, tetapi anggota lain yang ikut dalam perjalanan perlu cukup istirahat, paling tidak sehari sebelum berangkat. Konsumsilah makanan yang sehat atau minum suplemen dan vitamin, karena sangat berperan untuk menjaga kondisi tubuh selama dalam perjalanan.
Berkendara saat liburan
Berkendara saat liburan

Bawalah barang sesuai kebutuhan. Jika tidak perlu, sebaiknya tidak usah dibawa, karena selain mengurangi ruang gerak, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih boros. Lengkapi mobil Anda dengan perlengkapan audio, mainan anak, atau segala hal yang bisa menyenangkan, sehingga dalam kemacetan yang melelahkan, semua penumpang bisa tetap ceria.

Cek perlengkapan P3K berupa obat-obatan yang bisa dipakai seluruh keluarga, contohnya obat anti mabuk darat, obat sakit kepala, obat flu & batuk, obat diare, dan vitamin C berdosis tinggi. Bawa juga obat-obat pribadi yang khusus, seperti obat asma, alergi, dan lain-lain.
Untuk menghindari mual dalam perjalanan, kurangi merokok, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan artifisial dan MSG, dan melakukan kegiatan yang membutuhkan kemampuan konsentrasi indera penglihatan, misalnya membaca, main game, atau menonton TV.
Pastikan semua nomor penting telah Anda catat, seperti nomor telepon akses cepat ke bengkel, layanan darurat, polisi, dan rumah sakit. Terakhir, jangan lupa bawa peta atau aktifkan GPS Anda untuk membantu Anda dalam mencari jalur alternatif.

Sumber : yahoo.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel