Jenis-Jenis membaca

Membaca adalah proses pengolahan bacaan secara kritis kreatif dengan tujuan memperoleh pemahaman secara menyeluruh tentang suatu bacaan, serta penilaian terhadap keadaan, nilai, dan dampak bacaan. Membaca secara keseluruhan meliputi (1) membaca dalam hati, (2) membaca cepat, (3) membaca teknik, (4) membaca bahasa, (5) membaca estetis, (6) membaca kritis, dan (7) membaca kreatif. Uraian singkat mengenai jenis membaca tersebut dapat diikuti dalam paparan berikit ini.

  1. Membaca dalam Hati
    Membaca dalam hati adalah kegiatan membaca yang berusaha memahami keseluruhan isi bacaan serta mendalam sambil mengghubungkan isi bacaan itu dengan pengalaman maupun pengetahuan yang dimiliki pembaca tanpa diikuti gerak lisan maupun suara.
  2. Membaca Cepat
    Membaca cepat adalah jenis membaca yang dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat dan cepat untuk memahami isi bacaan secara garis besar saja.
  3. membaca Teknik
    Istilah membaca teknik sering juga disebut oral reading 'membaca lisan' ataupun reading aloud 'membaca nyaring'. Disebut demikian karena membaca teknik merupakan membaca yang dilaksanakan secara bersuara sesuai dengan aksentuasi, intonasi, dan irama yang benar dan selaras dengan gagasan serta suasana penuturan dalam teks yang dibaca.
  4. Membaca Bahasa
    Membaca bahasa adalah kegiatan membaca yang bertujuan untuk memperkaya kosakata, mengembangkan kemampuan menyusun kalimat, perolehan gaya bahasa yang keseluruhannyadapat dimanfaatkan untukmengembangkan kemampuan berbahasapembacanya.
  5. Membaca Estetis
    Membaca estetis adalah kegiatan membaca yang dilatarbelakangi tujuan menikmati sertamenghargai unsur keindahan yang terpapar dalam suatu teks sastra.
  6. Membaca Kritis
    Membaca kritis adalah kegiatan membaca dengan menggunakan pikiran dan perasaan secara kritis untuk menemukan dan mengembangkan suatu konsep dengan jalan membandingkan isi teks sastra yang dibaca dengan pengetahuan, pengalaman, serta realitas lain yang diketahui pembaca untuk memberikan identifikasi, perbandingan, penyimpulan, dan penilaian.
  7. Membaca Kreatif
    Membaca Kreatif adalah kegiatan membaca yang dilatarbelakangi dengan tujuan -tujuan tertentu yang bersifat aplikatif.
Demikianlah saya paparkan mengenai jenis-jenis membaca. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.


Sumber 

Aminudin. 2009. Pengantar Apresiasi karya Sastra: Sinar Baru Algesindo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel