Panduan Pendaftaran SM-3T Angkatan V Tahun 2015



Okeh, kali ini saya saya akan mencoba memandu teman-teman yang ingin sekali ikut program SM-3T. Sebelumnya, apa sih SM-3T itu? SM-3T atau Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal  merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2012. Jadi, SM-3T adalah suatu program dari pemerintah dimana nanti para pesertanya akan dikirim untuk mengajar di daerah 3T (Terdepan, terluar, dan tertinggal). Jadi buat temen-temen yang bener-bener pengin ikut program ini harus benar-benar siap mental dan fisik yang benar-benar ekstra.

Lanjut, Langkah-langkah dalam pendaftaran SM-3T adalah sebagai berikut.

  1. Langsung klik website http://seleksi.dikti.go.id/ nanti akan muncul tampilan seperti gambar ini.
    Setelah itu, klik bagian pendaftaran SM-3T. Gimana gampang kan? Tapi belum selesai..
  2. Langkah kedua, kalian akan masuk website seleksi.dikti.go.id seprti ini. Klik pendaftaran online.    
  3.  Setelah kalian klik pendaftaran online, kini kalian bisa memilih Perguruan Tinggi tempat kalian kuliah dan tentunya lulus Sarjana Pendidikan. Tapi bagi yang belum wisuda, bisa pake SKL.Karena kebetulan saya lulusan dari universitas luar negeri, maksudnya universitas swasta di Jogja. saya pilih kopertis wilayah V yang ada di nomor 6. Buat teman-teman yang kuliah perguruan tinggi negeri klik poin nomor 1, itu gan yang di atas sendiri. Lalu akan muncul di sampingnya daftar perguruan tingginya. Setelah kalian menemukan kampus kalian, tinggal klik deh. lalu kalian akan disusruh untuk memilih program studi yang ada di pojok kiri bawah seperti gambar dibawah. Jika sudah memilih dan yakin, klik dong gan..

  4. Untuk langkah yang keempat ini, kita nantinya akan disuruh mengisi form seperti ini.


    Masukkan NIM kalian, dan isi tanggal lahir. Kalo udah, klik lanjut.
  5. Lanjut langkah yang kelima.
    pada langkah ini, kalian diharuskan mengisi biodata awal. Isi yang teliti gan dan jangan buru-buru, kata orang-orang gaoll bilang, woles aja broo... Untuk bagian konfirmasi pendaftaran, pilihlah lokasi tes online yang paling dekat dengan dareah kalian. Okeh, klik Lanjutkan pendaftara.
  6.  Selamat, anda sudah di tengah jalan. Bagi kalian yang sudah berhasil melakukan pendaftara akan mendapatkan pasword dan username yang nantinya bisa dipakai untuk login pada sistem pendaftaran SM-3Tuntuk melengkapi data di website seleksi.dikti.go.id seperti penampakan berikut.
    Seperti pesan di gambar itu, catat dengan baik akun ini, karena tanpa akun ini saudara tidak bisa melengkapi formulir pendaftaran. Simpen baik-baik gan, karena ini penting banget. Bisa simpen di HP, smartphone, leptop, PC, atau bisa juga dicatet di kertas. Yang penting jangan sampe ilang username sama paswordnya.
  7. Setelah itu, kalian bisa login menggunakan username dan pasword yang baru didapat tadi ke sistem. Caranya balik ke home, nah di samping home ada tulisan login. Klik dehh..


    Setelah kalian login, kalian juga bisa merubah pasword yang lumayan bikin mata kebakar itu dengan cara klik menu ubah pasword.

  8. Lalu, setelah semua beres. Kini saatnya kalian melengkapi formulir pendaftaran. Karena ada beberapa data diri yang belum di isi. Klik menu pendaftar dan lanjutkan klik Melengkapi data Formulir Pendaftaran.



    Isi dan lengkapi biodata kalian dengan klik validasi biodata peserta, lalu dilanjutkan dengan menggunggah foto, upload ijasah dan transkip nilai asli yang sbelumnya sudah di scan. Ikuti langkah 1 sampai 6 dengan baik.
  9. Apabila semua data sudah terisi lanjutkan dnegan menekan simpan. Setelah itu akan ada notifikasi yang memberitahukan bahawa update telah sukse. Tapi ingat, sebelum klik simpan, pastikan dulu data yang kalian isi sudah benar. Cek sekali lagi, teliti sampai sedetail-detailnya, karena data yang sudah di simpan sudah tidak bisa diubah lagi.

    Sekian postingan saya mengenai panduan pendaftaran SM-3T untuk angkatan V tahun 2015 ini. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Maju bersama Mencerdaskan Indoensia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel