Pengertian dan Peran Menyimak

  1. Pengertian Menyimak
    Secara Teoretis menyimak dan mendengarkan itu berbeda. Menyimak adalah proses mendengar dengan pemahaman dan pengertian, sedangkan mendengar adalah proses memperoleh rangsangan bunyi-bunyi bahasa yang belum tentu diikuti oleh proses pemahaman dan pengertian.

    H. Clark dan Eve V. Clark (1977) yang dikutip Achsin (1981:3) membedakan pengertian menyimak atas pengertian sempit dan pengertian luas. menyimak dalam pengertian sempit mengacu pada proses mental pendengar yang menerima bunyi yang dirangsangkan oleh pembicara dan kemudian menyusun penafsiran apa yang disimaknya. menyimak dalam pengertian luas mengacu pada proses bahwa si penyimak tidak hanya mengerti dan membuat penafsiran tentanng apa yang disimaknya, tetapi lebih dari itu ia berusaha melakukan apa yang diinformasikan oleh materi yang disimakna.
  2. Peranan Menyimak
    Setiap hari tentu kita mendengar orang berbicara atau menggunakan bahas lisan. Bahkan pada awal kehidupan atau kelahiran, pertama-tama kita menghabiskan waktu untuk mendnegarkan orang di sekeliling kita. Kita mendnegar orang berbicara dalam bahasa ibu, kadang juga kita mendnegar orang berbicara dengan bahasa kedua, atau bahkan dengan bahasa asing.

    Setiap hari kita melaksanakan berbagai kegiatan. Kita berbelanja di pasar, di situ kita pasti mendnegar pedagang yang menawarkan  barang dagangannya. Kita pergi ke toko, di situ kita mendnegarkan orang saling tawar-menawar. Kita pergi ke kampus, dan di situ kita mendengarkan seorang dosen menjelaskan suatu teori yang samar-samar pada kita. Kesimpulannya, setiap hari kita tidak pernah alpha mendnegarkan orang lain berbicara, entah kepada kita ataupun kepada orang lain.
Sumber : Pateda.1989. Ananlisis Kesalahan. Nusa Indah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel