Ayo Mengetik!



Siang itu seperti biasa, cuaca panas khas pesisir di Aimere membuat saya tidak betah terus berada di dalam kantor guru. Saat itu kebetulan saya tidak ada jam mengajar, jadi saya memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan sebentar di lingkungan sekolah sembari menunggu jam pulang sekolah.
Langkahku terhenti di depan salah satu ruang  kelas, saya lihat sebentar dan masuk ke dalam.

“Selamat siang anak-anak,” sapa saya.

“Siang Pak Guru,” jawab mereka serentak.

“Pelajaran apa kalian hari ini?”

“TIK Pak, Pak Yani tidak berangkat hari ini,” jawab salah satu siswa.

Niat saya yang semula hanya ingin refreshing nampaknya sekarang berubah, daripada kelas kosong tidak ada gurunya akhirnya saya berinisiatif untuk mengisi pelajaran pada siang itu.

“Kalian sudah bisa mengetik di word?” tanya saya.

“Sudah Pak,” jawab mereka hampir serentak.

“Sudah pernah praktik mengetik?”

“Ada yang sudah ada yang belum pak.”

“Ya sudah, sekarang kita akan sama-sama praktik mengetik di microsoft word. Kalian tunggu sebentar, Pak Guru mau ambil laptop di kantor.”

“Iya Pak Guru,” jawab mereka senang.

Nampaknya mereka senang sekali ketika saya suruh untuk praktik mengetik langsung di laptop. Hal itu terlihat dari ekspresi mereka ketika saya kembali ke kelas sambil menenteng laptop saya.
Jadilah siang itu kami bersama-sama praktik mengetik, walaupun hanya mengetik nama, tanggal lahir, dan alamat saja. Siang itu, laptop saya “dikeroyok” puluhan siswa SMP Negeri 4 Aimere.

Dengan keterbatasan kami lalui siang itu dengan keceriaan, dengan keterbatasan kami menikmati hidup yang memang harus dijalani. Lagi, keceriaan dan semangat mereka membuat semangatku untuk mengabdi kepada negeri ini terus bertambah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel