Ramadhan di Flores #1



Senin, 6 juni 2016
Bulan Ramadhan telah tiba. Sekali lagi, alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menjalani ibadah suci ini. Beda dengan tahun lalu, sekarang saya harus melewati bulan penuh berkah ini di tanah Flores. Ada rasa pesimtis ketika saya diharuskan menjalani ibadah puasa di tanah Flores yang mayoritas beragama non-muslim. Tapi, hal itu saya anggap sebagai tantangan tersendiri bagi saya.

Berbeda dengan buan puasa sebelumnya, saya harus menjanlani bulan puasa ini jauh dari orangtua, saudara, dan sahabat-sahabat. Tentu itu bukan hal yang mudah, butuh banyak penyesuaian agar puasa di sini bisa berjalan dengan baik.

Senin tadi adalah puasa perdananku di tanah Flores. Rutinitas saya sebagai salah satu guru di SMP Negeri 4 Aimere tak menyurutkan niatku untuk terus berpuasa, karena memang ibadah ini wajib bagi setiap muslim. Tantangan pertama datang dari salah satu kelas yang saya ajar hari ini. Karakter siswa Flores yang kadang memang bandel membuat saya harus banyak bersabar, jangan sampai emosi merusak puasa perdanaku. Namun, karena memang karakter mereka yang sudah khas itu, saya tidak bisa bersabar dan sedikit meluapkan emosi pada siswa salah satu kelas yang saya ajar. Sadar akan hal tersebut, saya memilih untuk mundur dan meninggalkan kelas.  Kebetulan tadi pagi saya hanya memberikan tugas remidial bagi mereka yang nilainya belum memenuhi target saat ujian semester kali lalu. Jadi untuk kedepan, saya harus bisa bersabar dan menahan emosi.

Menahan lapar dan haus itu memang sudah menjadi cobaan wajib bagi siapa saja yang menjalani ibadah puasa, namun menjaga gara hati dan pikiran tetap bersih itu adalah tantangan tersendiri bagi saya untuk menjalani puasa di tanah rantau ini. Alhamdulillah, puasa perdanaku hari ini bisa sampai maghrib. Buka puasa dengan menu sederhana menjadi sangat nikmat karena inilah puasa perdananku di Flores. Semoga hari ini menjadi pembelajaran bagiku agar menjadi pribadi lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel