Jelajah Flores: Perjalanan Menuju Lembor Selatan dan Pesona Pantai Watu Weri

Setelah sekian bulan berkutat dengan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran, akhirnya masa liburan tiba juga. Liburan kali ini akan saya manfaatkan untuk menikmati keindahan bumi flores, tujuan pertama saya adalah Lembor. Berbekal kenalan teman kuliah yang ada di Lembor, akhirnya perjalanan ini pun dimulai.

Saya berangkat dari Aimere tepat pukul 07.00 WITA, menaiki travel yang sudah saya pesan sebeumnya. Perjalanan hari ini saya berencana menuju Ruteng, Manggarai Tengah dahulu untuk bertemu dengan teman saya. Tekstur geografis Flores yang kebanyakan bukit dan pegunungan membuat jalan menuju Ruteng berkelok-kelok dan sesekali naik-turun.

Butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Aimere ke Ruteng. Di dalam perjalanan saya juga sempat mampir untuk berfoto di danau Ranameze. Waktu menunjujkkan pukul 10.00 WITA, sampailah saya di Masjid Kumba. Teman saya sudah menunggu di depan masjid untuk menjemput saya.

Setelah istirahat beberapa saat di Ruteng, perjalanan kami lanjutkan menuju Lembor Selatan, Manggarai Barat. Perjalanan menuju Lembor Selatan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Masih dengan tekstur Flores yang didominasi oleh daerah bukit dan pegunungan, jalan menuju Lembor Selatan juga masih banyak kelokan, tanjakan, dan turunan. Namun ada juga daerah dataran yang dikelilingi oleh sawah yang luas membentang, seperti di pulau Jawa. Sempat kehujanan di jalan, akhirnya saya sampai juga di rumah teman saya yang berada di desa Nangalili, Lembor Selatan.

Setelah menginap satu malam, keesokan harinya saya diajak teman saya untuk berwisata ke pantai Watuweri yang berjarak sekitar 15 kilometer dari rumah teman saya. Perjalanan menuju pantai Watuweri juga tak semudah yang saya bayangkan. Kami harus melewati hutan dan juga harus menyebrang sungai 2 kali karena tak tersedianya jembatan penghubung di sungai tersebut. Waktu menunjukkan pukul 16.00, sampailah kami di pantai Watuweri.

Pantai Watu Weri

Pantai Watuweri merupakan salah satu pantai yang masih alami yang ada di Manggarai Barat, NTT. Pantai Watuweri terdiri dari batuan dan tebing yang sangat indah. Pantai Watu Weri juga berdekatan dengan Pulau Mules. Di pantai watuweri juga terdapat sebuah mata air panas yang mengalir si sekitar bebatuan.
Tebing Pantai Watu Weri, butuh perjuangan sampai di sisi tebing

Karena waktu sudah makin sore, matahari pun sudah tampak mulai akan tenggelam. Kami pun bergegas pulang. Pantai Watuweri, pantai indah yang tersembunyi di Lembor Selatan. Sungguh pengalaman yang menyenangkan bisa sampai di sini dan menikmati keindahan pemandangan alam di Flores, khususnya di Lembor Selatan, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.